Sunday, March 31, 2024

hidup

berita kematian baru saja diumumkan, tetangga di depan rumah. berita kematian selalu saja membuat termenung, hidup terasa begitu panjang, juga begitu singkat. aku tidak terlalu mengenal beliau, hanya sering melihatnya lewat, tidak terlalu tua, terkena serangan jantung. mungkin akan selalu kaget karena meninggal dengan cepat, tidak dengan berita sakit dulu. 

hidup adalah batas tipis itu. yang kadang membuat ngeri, kita gak tau bagaimana itu semua akan berakhir, bisa siapa saja, bisa kapan saja.  apakah pekerjaan itu benar benar punya arti, apakah ketakutan dan keterbatasan pemikiran itu benar benar ada di realitas? perasaan perasaan itu, yang sementara, yang nanti dengan mudah terlupakan, yang kadang rasanya terlalu berat.

apakah kita sudah mencoba hidup, satu kali lagi. mencoba sebaik yang kita bisa, mengumpulkan informasi sebanyak yang kita bisa untuk menjalaninya yang terbaik, dari apa apa yang kita pikirkan. 

hidup adalah tentang keterbatasan, ketidakmampuan, usaha yang terbatas, tapi pada akhirnya tentang menjalaninya dengan semua ketidaksempurnaan itu. untuk siap secara mental, emosional dan spiritual dalam menjalani kehidupan, juga berada di tepian akhirnya. 

82/366

No comments:

Post a Comment