Friday, March 8, 2019

Applied Research Method #bookreview


Buku Bab I Applied Research Methods in Public and Nonprofit Organizations

Author : Mitchell Brown and Kathleen Hale

Proses Penelitian
Proses Penelitian adalah hasil dari kombinasi ide yang baik dan pertanyaan mengenai teori dan praktek, sistematis dan pengumpulan data yang layak dan analisa, serta komunikasi mengenai hasil dengan langkah-langkah yang terdiri dari:
1.      Membentuk ide dan pertanyaan penelitian
2.      Pengembangan Teori dan Hipotesis
3.      Melakukan konstruksi desain penelitian sebagai perencanaan pengelolaan data dan analisis
4.      Implementasi desain penelitian melalui pengumpulan data
5.      Menganalisis data
6.      Membentuk kesimpulan dan memaparkan penelitian
Pada akhirnya semuanya adalah tentang bagaimana mengoperasionalkan, mengukur dan mengumpulkan data, terutama data yang relevan dimana dapat terbagi menjadi data primer dan data sekunder, kemudian kita menganalisis dan memandingkan hasil dari hipotesis yang telah kita ambil di awal. Dimana hasil yang diperoleh antara lain mengenai teori yang kita uji coba atau sesuai dengan teori yang kita bangun.  Teknik yang dilakukan untuk menganalisis data tergantung dari data yang dikumpulkan.  Tahap akhir dari proses melibatkan hasil interprestasi data lewat analisis dan bagaimana cara kita menyampaikan mengenai hal tersebut agar dapat lebih memahami permasalahan tersebut, meningkatkan kebijakan dan program yang akan dilakukan dan melengkapi teori.

Konteks Penelitian Terapan
Adapun terdapat perbedaan antara penelitian terapan dan penelitian dasar. Dalam penelitian dasar memiliki tujuan untuk menyempurnakan pengetahuan dan melihat hubungan antara konstruksi teori dan variabel yang terkait, sedangkan penelitian terapan memiliki tujuan untuk memahami dan memecahkan masalah yang nyata, seperti mengenai bagaimana merancang program baru atau memodifikasi program yang sedang berjalan.
Terdapat pula enam kerangka umum dalam proses penelitian, pertama, memperhatikan analisis empiris, yaitu yang berbasis analisis dari bukti mengenai bagaimana hal tersebut sebenarnya, atau bukti nyata, kedua, bahwa pengetahuan itu falsifiabilitas, yaitu dapat dibuktikan salah atau tidaknya, ketiga, hipotesis harus berdasarkan dari pengamatan sistematis dan pengumpulan data, keempat, seluruh proses penelitian dan penemuan dapat dijelaskan/dikomunikasikan, kelima, penelitian harus bersifat umum/generl dan keenam, penelitian dapat dijelaskan secara sederhana dan terus terang atau ringkas.

Administrasi Publik, Kajian Nonprofit dan Bidang Lainnya
            Administrasi publik, lebih memperhatikan desain dan penyampaian mengenai keputusan kebijakan publik dalam lingkup publik, dimana mencakup pula administrasi dan kebijakan pada lokal, negara, nasional atau level antar bangsa.  Melalui buku ini pula, didefinisikan pelayanan publik yang mencakup instansi publik, organisasi nonprofit dan bidang lainnya, karena sebenarnya pemerintah dan organisasi nonprofit tidak dapat dipisahkan dalam memenuhi kebutuhan publik. 
            Pertanyaan yang muncul adalah seputar desain kebijakan, implementasi dan evaluasi yang juga terkait dengan subbidang kebijakan publik dan analisis kebijakan.  Kebijakan publik fokus kepada faktor politik dan ekonomi yang membentuk formulasi kebijakan, pembuatan keputusan publik dan analisis tahap pembentukan kebijakan publik.  Sehubungan dengan itu, subbidang analisis kebijakan fokus terhadap analisis sistematis dari alokasi sumber daya dan evaluasi output dan outcome.  Keduanya mempertimbangkan menekankan pada penerapan pemecahan masalah dan analsisnya.
Literasi Informasi
            Literasi informasi adalah memahami jenis informasi apa yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah.  Selain itu termasuk pula bagaimana menemukan informasi, mengetahui kualitas informasi, mampu membaca dan memahami informasi dan memahami konteks informasi.  Hal tersebut merupakan aspek yang penting dalam memahami dunia kontemporer pada saat ini, dimana perubahan teknologi membuat informasi dapat dengan mudah diakses oleh hampir semua orang, tetapi juga memiliki kelemahan yaitu tidak semua orang memiliki kemampuan dan pengetahuan untuk membedakan kebenaran informasi yang tersedia sehingga harusnya dapat dilihat dari otoritas pihak lain untuk menganalisis dan menafsirkan informasi.
Dimana menurut universitas dan perguruan tinggi, terdapat lima standar untuk menentukan kemampuan literasi yaitu :
1.      Memahami sifat dan kuantitas informasi yang dibutuhkan untuk tugas yang berbeda;
2.      Akses yang efektif dan efisien;
3.      Mampu mengevaluasi informasi dan menggabungkannya untuk memperluas pengetahuan;
4.      Mampu menggunakan informasi untuk menyelesaikan tugas tertentu, dan;
5.    Menggunakan informasi secara etis dengan pemahaman yang menyeluruh mengenai implikasi dari informasi tersebut.

Kualitas Informasi dan Tipe-Tipe Sumber
Pada masa sekarang, hampir semua orang memiliki akses terhadap sumber informasi, namun untuk mengembangkan literasi informasi adalah memahami bagaimana mengidentifikasi informasi yang berkualitas.  Informasi yang berkualitas adalah informasi yang akurat secara faktual, berasal dari sumber yang kredibel melalui proses publik dan transparan, dan diproduksi menggunakan teknik yang ketat dan standar yang mematuhi etika yang sesuai standar.
 Salah satu pendekatan untuk memikirkan tentang kualitas berbagai sumber informasi adalah membagi mereka menjadi dua kelompok: ilmiah dan populer. Informasi berkualitas tertinggi di akademisi, atau pekerjaan berbasis universitas, adalah ditemukan dalam jurnal peer-review. Ulasan rekan berarti bahwa pekerjaan dievaluasi oleh para ahli anonim sebelum penerimaan untuk publikasi.  Selain dari universitas, surat kabar dan majalah juga dapat digunakan sebagai sumber informasi, meskipun sebagian besar jurnalis mematuhi standar jurnalistik, namun terdapat pula hierarki kualitas antara surat kabar dan majalah, sehingga yang menjadi pertimbangan adalah tingkat kepercayaan yang diberitakan pada outlet tertentu.  Selain itu terdapat pula publikasi dan informasi pemerintah yang dihasilkan oleh organisasi nonprofit, kelompok kepentingan dan lembaga think-tank (wadah pemikir) yang sulit pula untuk menilai kualitas informasinya, yang dapat menjadi pertimbangan adalah mempertimbangkan alasan atau motivasi yang mempengaruhi pembuatan informasi tersebut.

Menemukan Kualitas Informasi Yang Tinggi
Hari ini, pencarian informasi berkualitas tinggi kemungkinan besar akan dimulai dengan Internet dan daftar basis data yang dikurasi yang mengandung artikel-artikel ilmiah. Seperti Google Scholar, JSTOR, atau Penyimpanan Jurnal, yang menawarkan pencarian ribuan teks lengkap jurnal edisi terbaru dan edisi terakhir. Indeks Sitasi Ilmu Sosial adalah tersedia melalui layanan berlangganan ISI Web of Science. The Social Science Jaringan Penelitian menyediakan akses ke artikel akademik dalam ilmu sosial dan kemanusiaan; artikel diposting oleh penulis dan dapat diunduh dengan biaya tambahan melalui pelanggan institusional. Pencarian untuk undang-undang dan peraturan mungkin untuk fokus pada database hukum. LexisNexis dan Westlaw adalah dua langganan semacam itu jasa. Layanan ini dan lainnya menyediakan akses ke kasus federal dan negara bagian hukum, artikel tinjauan hukum, risalah, dan beasiswa hukum lainnya, serta berita artikel. Ensiklopedi yang diterbitkan oleh akademis atau penekanan serupa lainnya juga bisa memberikan rangkuman yang bermanfaat tentang keadaan umum lapangan pada suatu topik tertentu (untuk contoh, evaluasi program atau identifikasi pemilih). Ensiklopedia Publik Administrasi dan Kebijakan Publik (Berman 2007) adalah salah satu contoh tujuan umum, ensiklopedia peer-review yang menyediakan perkenalan panjang artikel tentang a berbagai macam tema dan subbidang.
Penting untuk dicatat bahwa tidak ada satu sumber informasi yang akan memenuhi semuanya penelitian kami perlu untuk pengembangan teoritis, pendekatan metodologis, atau data. Kami harus mengumpulkan banyak sumber informasi dan mensintesis teori, metode, sumber data, dan temuan. Yang penting adalah yang kita kumpulkan dan gunakan informasi akurat yang secara kolektif mencerminkan gambaran lengkap yang relevan masalah dan data, dan bahwa kita mengakui berbagai bias dan perspektif terkandung di dalamnya.

Nilai, Kepercayaan, dan Kepastian dalam Disiplin Terapan
Manusia, selalu menjadi dunia yang dipelajari melalui riset terapan, nilai-nilai dan keyakinan selalu dimasukkan ke dalam analisis dalam beberapa cara. Bidang administrasi publik, studi nonprofit, kebijakan publik, dan kebijakan analisis khususnya berkaitan dengan nilai dan keyakinan dari dua yang berbeda perspektif yang terkait dengan lembaga-lembaga Amerika. Satu perspektif adalah tercermin dalam proses keputusan dan hasil proses politik. Sebagai konsekuensinya, sebagian besar debat kebijakan tercermin dari dua perangkat persaingan yang luas nilai-nilai; nilai-nilai ini biasanya tercermin dalam posisi keduanya partai politik besar (meskipun itu tidak selalu terjadi). Mayoritas politik secara terus-menerus dikonfigurasikan melalui proses pemilihan yang konstan; hari ini pandangan mayoritas mungkin pandangan minoritas politik di masa depan.
Beberapa saat ini terlibat dalam mencari masalah dan masalah, dan beberapa akan terlibat di masa depan. Para juara, penantang, penonton, dan pendukung ini mencerminkan nilai dan keyakinan yang berbeda tentang bagaimana masalah publik didefinisikan dan tentang cara-cara untuk mengatasi kondisi tertentu; interaksi ini nilai dan keyakinan adalah aspek penting dari inovasi kebijakan publik (Hale 2011).

Teori Utama dan Teori Sekunder
      Dalam politik Amerika umumnya, para sarjana cenderung bekerja di salah satu dari dua "sekolah," tradisi, atau teori besar, yang disebut sebagai behaviorisme dan institusionalisme. Behavioralists mengajukan pertanyaan tentang politik perilaku dalam konteks Amerika — misalnya, "Apakah masalah pemungutan suara?" sedangkan institusionalis mengajukan pertanyaan tentang bagaimana institusi utama Amerika politik beroperasi dan mengajukan pertanyaan seperti “Peran apa yang dimainkan komite pembuatan undang-undang kongres?.”
Studi tentang pelayanan publik melibatkan kedua sekolah tersebut berpikir, dan penelitian terapan tentang pelayanan publik melihat pada kedua perilaku dan pengaturan kelembagaan. Dalam pelayanan publik, satu ketegangan sentral terletak di antaranya keinginan normatif untuk memisahkan praktik administrasi publik dari nilai-nilai jenis apa pun, termasuk pengaruh politik, dan keharusan konstitusional untuk rekonsiliasi kebijaksanaan administratif (birokrasi) dengan nilai publik yang dapat diubah.
Terkait, ulama organisasi nirlaba prihatin dengan teori amal, komunitas, dan ruang sipil. Tapi, sebagai ilmuwan sosial, kita cenderung menghabiskan sebagian besar waktu kita untuk berkembang teori tingkat menengah yang menjelaskan fenomena tertentu. Di sisi lain, ruang publik secara umum, sarjana dan praktisi prihatin dengan kerja sama, kolaborasi, dan hubungan timbal balik serta kinerja dan akuntabilitas. Mengembangkan teori yang menjelaskan konsep-konsep ini dan lainnya untuk menghasilkan yang bermanfaat, dapat diuji hipotesa, atau tebakan terbaik kami tentang bagaimana dan mengapa fenomena ysng diselidiki beroperasi. Hipotesis ini kemudian dikembangkan untuk mendapatkan kemungkinan terbaik desain penelitian untuk mengumpulkan data untuk menguji pertanyaan penelitian.

Perbandingan Kasus
Setiap kasus adalah contoh khas dari riset terapan. Tiga dari studi itu diarahkan untuk menyelesaikan pertanyaan terapan tertentu, dan dua studi itu dimulai sebagai studi penelitian dasar yang menghasilkan temuan berguna untuk, dan digunakan oleh, praktisi. Meskipun materi pelajaran sangat bervariasi di seluruh kasus, kasusnya bersandar kuat pada metode campuran dan kombinasi induktif dan deduktif proses berpikir. Pendekatan gabungan ini sangat cocok untuk pertanyaan penelitian terapan.

Etika dan Pengkajian Kelembagaan
Seringkali ketika kita melakukan penelitian, kita melibatkan subyek manusia dalam satu cara atau yang lain. Ketika berhadapan dengan subyek manusia, ada dua kekhawatiran peneliti perlu memikirkan secara bersamaan. Yang pertama adalah apakah yang kita rencanakan etis pada tingkat dasar. Yang kedua melibatkan aturan-aturan institusional yang diatur oleh Institutional Review Board (IRB) tentang apakah dan bagaimana mendapatkan izin untuk melakukan penelitian kami.
Singkatnya, fokus pada etika dalam penelitian adalah tanggapan terhadap riset yang mengerikan dilakukan oleh para ilmuwan di berbagai titik dalam sejarah terakhir, terutama Nazi percobaan selama Perang Dunia II dan proyek-proyek seperti sifilis Tuskegee bereksperimen di Amerika. Kondisi tersebut akhirnya merefleksikan informed consent, yaitu pengetahuan peserta tentang tujuan dan harapan proyek penelitian di mana mereka diminta untuk berpartisipasi, dan partisipasi yang bebas dan bersedia dengan kesempatan untuk berhenti berpartisipasi di setiap titik untuk alasan apa pun.
Pemerintah AS memiliki pedoman yang jelas yang mengatur subjek manusia penelitian, berdasarkan tiga prinsip:Beneficence, yaitu — memaksimalkan hasil positif untuk kemanusiaan sambil meminimalkan membahayakan, menghormati subjek — termasuk perlindungan otonomi mereka dan, dalam beberapa kasus, anonimitas dan keadilan — memastikan bahwa penelitian tidak mengeksploitasi orang lain.

Perhatian Spesifik Pada Administrasi Publik dan Kajian Nonprofit
            Terdapat contoh kasus yang mempresentasikan pertimbangan etis tertentu yang umum untuk riset terapan, yaitu menilai kebutuhan di seluruh negara bagian dengan melakukan wawancara dengan wanita usia enam puluh lima tahun dan lebih tua, dalam menjadwalkan wawancara, terdapat pula kemungkinan kehadiran pewawancara akan mengganggu jadwal harian mereka sehingga menjadi penting kepada wanita tersebut untuk membaca dan mengisi formulir persetujuan untuk menjelaskan proyek dan haknya dalam wawancara.  Sehingga yang diwawancarai juga dapat memiliki pilihan untuk melakukan wawancara maupun tidak melakukan wawancara.

Evaluasi Program Nasional
Karena tujuan dari program nasional evaluasi adalah untuk menilai kapasitas organisasi yang bertentangan dengan pengalaman dan hasil dari korban kekerasan antarpribadi, yang menjadi perhatian etisminimal. Kami ingin memastikan bahwa organisasi akan dilindungi jika negatifinformasi keluar tentang struktur organisasi mereka, sumber daya, dan kapasitas, sehingga dalam pelaporan publik kami sepakat untuk menggambarkan karakteristik umum organisasi dan memberi mereka nama alternatif.
Tidak terkait dengan studi kapasitas, bagian lain dari evaluasi diidentifikasi praktek yang berpotensi tidak etis pada bagian dari salah satu penerima selama kursus pengumpulan data, dan tim evaluasi setuju untuk segera mengubah informasi ini ke Departemen Kehakiman, yang kemudian mengambil langkah yang tepat untuk memperbaiki situasi. Di sini kami menemukan pertanyaan etis: Jika bahaya bisa datang kepada peserta studi dari praktik organisasi, apa langkah yang benar untuk kami sebagai pengamat luar yang melakukan penelitian yang tampaknya netral dan bebas-nilai?
Melakukan kami mematuhi janji kerahasiaan kami untuk organisasi dalam penelitian, atau apakah kami melaporkan temuan kepada penyandang dana, mengidentifikasi organisasi? Jika kami melaporkan temuan kepada penyandang dana, apakah kita melakukannya segera atau setelah masa studi? Keputusan kami adalah bahwa keamanan peserta penelitian lebih penting daripada "integritas" kami sebagai peneliti, dan dengan demikian kami segera menginformasikan kepada penyandang dana dari temuan kami.

Pohon Keputusan
Merencanakan proyek riset terapan melibatkan banyak pertimbangan, seperti yang kita miliki mulai dibahas dalam bab ini. Keputusan berlimpah di setiap belokan di dalam desain, implementasi, dan analisis bahkan proyek yang paling sederhana sekalipun. Sebagai peneliti, kami
pada dasarnya memiliki kontrol penuh atas bagaimana penelitian dirancang, dijalankan, dan dianalisis. Variasi yang tak terbatas ini bisa luar biasa, namun pilihan yang kita buat adalah jantung penemuan. Kami telah menemukan bahwa mengajukan beberapa pertanyaan langsung dapat membantu mengatur pikiran dan upaya kami di seluruh perusahaan penelitian; kita menyajikan pertanyaan-pertanyaan ini dalam bentuk pohon keputusan di seluruh buku.

Pertimbangan Keputusan Penelitian
Proses IRB berfokus pada keputusan etis tentang pengumpulan dan perlindungan data hak-hak subyek manusia. Meskipun masing-masing lembaga memiliki persyaratan internal dan jadwal untuk ditinjau dan juga proses untuk mempertimbangkan penelitian yang dapat dibebaskan dari tinjauan. Sebaliknya, pada keputusan utama yang memandu apakah tinjauan IRB diperlukan dan apakah tinjauan itu kemungkinan besar akan menjadi tinjauan dewan penuh atau beberapa bentuk tinjauan yang dipercepat. Ulasan yang dipercepat dapat menjadi pilihan jika data terkait kegiatan organisasi dan program pemerintah.

Kesimpulan
Dalam bab ini memuat tentang gambaran umum proses penelitian dan konsep dari upaya penelitian yaitu kualitas penelitian, tahapan proses penelitian dan interatif, refleksif sifat proses yang melibatkan umpan balik dan revisi. Bahwa dalam penelitian juga harus mempertimbangkan etika dan peninjauan dari kelembagaan. Begitu pula mengenai konteks dasar dari riset terapan yang berdasarkan pertanyaan penelitian yang menjembatani banyak disiplin dan bidang studi yang fokus pada pelayanan publik dimana juga dianggap penting untuk memperhatikan nilai, keyakinan dan persepsi dalam mempelajari kondisi manusia untuk mengatasi masalah sosial yang ada.

No comments:

Post a Comment