Thursday, May 9, 2024

apa yang ingin kita lakukan sepanjang hidup kita?

beberapa percakapan ringan di kopishop mungkin memantik pertanyaan pertanyaan berat tentang hidup, yang telah kita sederhanakan jawabannya. apalagi yang ingin dilakukan? apakah pekerjaan yang kini dilakukan telah menjawab dan memenuhi kebutuhan kita, sejauh mana stabilitas penghasilan, balance antara pendapatan dan harga yang harus dibayar dengan eskapism untuk terhibur dalam hidup. tentu hidup bukan hanya tentang bekerja, juga bukan hanya tentang lari dari day job dan mendapatkan libur panjang (tapi mungkin bisa jika kaya). sebagai wanita pekerja, middle class yang kupikir, cukup itu adalah strategi kita, untuk mencukupkan, karena telah melewati kebutuhan-kebutuhan dasar yang telah kita penuhi. kemudian keputusan kita setelahnyalah, mendefisinikan diri kita, menginginkan apa lagi, dan ingin menghabiskan waktu kita untuk melakukan apa lagi. 

sebagai pekerja yang memiliki limit dan jenjang waktu untuk meningkatkan karir. juga kemungkinan-kemungkinan yang tidak bisa terlalu terdefinisikan dalam politik dan networking, tentu pilihan yang tersedia kini hanyalah mengupgrade diri sebaik-baiknya untuk bersiap akan kesempatan yang mungkin ada, mungkin juga tidak. 

karena mungkin hidup memang tentang menyeimbangkan apa yang aku tak suka lakukan, dengan apa yang akan aku dapatkan dengan apa yang aku lakukan. kemudian, seni nya adalah, bagaimana aku mencari perspektif (untuk pemikiranku sendiri) bahwa apa yang aku lakukan adalah hal yang cukup baik, berdasarkan informasi yang didapatkan, kemudian pada akhirnya mengambil kesimpulan. at least aku ingin apa yang ingin aku lakukan adalah hasil dari pemikiran, analisis, renungan- yang di-counter dengan realita dan pilihan apa saja yang bisa aku lakukan. 

seperti game theory, dimana saat ini aku lagi senang menghabiskan waktu di coral island, sebuah game farming yang punya visual grafis yang cantik, juga pekerjaan-pekerjaan berkebun yang relaxing dan menyusun-menyusun kebun, memancing, jalan jalan di pantai. semua yang dilakukan telah dipikirkan dan menyusun goals apa yang diinginkan, dengan melakukan apa yang dibutuhkan untuk itu. setiap hari jadinya dilewati dengan maksimal karena kita tau, di game itu kita ingin menyelesaikan quest apa, dan apa saja reward yang didapatkan. game nya juga jelas rulesnya, jika a maka b. meskipun hidup tak bisa dilakukan dengan secepat itu, sekedar melaksanakan quest yang ada, kemudian mendapatkan self reward dengan cepat. karena kadang di hidup itu, reward nya terasa jauh, tak tergapai, dan selalu membuat kita ingin menyerah dan melakukan hal hal lain saja. karena mungkin saja, itu tak sebanding atau bahkan butuh waktu terlalu lama, sedangkan kadang, yang kita butuhkan adalah hal hal kecil yang menyenangkan, untuk dilakukan setiap hari. 

95/366

No comments:

Post a Comment