Wednesday, August 6, 2014

Pulau Lemukutan


Di umur saya yang masih (baru, atau sudah?) 20an ini, tiba-tiba saya jadi mendambakan tinggal di sebuah desa dekat dengan sawah, pantai, air terjun atau bukit.  Pergi berjalan jalan dengan kaki telanjang dan menginjak tanah basah, bercengkrama dengan teman tanpa terlalu sibuk dengan gadget.  Menikmati udara sekitar tanpa ac yang terlalu dingin dan menikmati matahari tanpa takut kulit berubah menjadi hitam.  Tapi tentu, idealisme harus menyesuaikan dengan realita dan kesempatan yang ada.  Maka bolehlah dikatakan kesempatan yang ada hanyalah liburan ke daerah yang mendekati tempat ideal saya, pulau lemukutan.

Awalnya perjalanan saya ke pulau lemukutan, di daerah Tanjung Jati hanya ide nebeng saya dengan seorang teman yang akan membawa rombongan se-gang-nya. Tapi mendadak keluarga saya yang awalnya hanya ingin liburan di pantai yang ada di Singkawang, ingin ikut juga.  Jadilah perjalanan antara teman dan keluarga.

Untuk orang yang (agak) introvert seperti saya.  Perjalanan ini sedikit ramai dengan tinggal di penginapan seadanya dan tidur berdempetan.  Sebenarnya fasilitas yang minimal tidak pernah menjadi masalah  selama bersama dengan orang-orang yang gak terlalu banyak mengatur dan menghancurkan mood yang bisa berubah seketika. 

Hal lain yang saya senangi saat di pulau adalah snorkling.  Saya bisa menghabiskan waktu berjam-jam tanpa takut hitam (walaupun nantinya, akan).  Momen sunyi di dasar laut dengan hanya suara dengung sambil mengambang di tepian laut mampu menciptakan rasa damai, lepas dari masalah dan kekhawatiran-kekhawatiran.

Mungkin akhirnya yang kita butuhkan adalah spasi.  Sebuah suasana yang berbeda dari kegiatan rutin yang kita lakukan setiap hari.  Mengenal orang-orang baru, mengingat tempat baru, merekam momen momen baru., mempelajari trik-trik mengatasi masalah baru.  Tapi terlalu lama berada di tempat yang asyik juga akan membosankan, maka diputuskan kami hanya menginap satu malam saja.  Sudah puas berendam!

Tapi beberapa waktu lagi kami akan kembali, mengunjungi salah satu bagian kerajaan Neptunus!


No comments:

Post a Comment