Wednesday, February 15, 2023

memoar

rabu, 15 februari 2023

hidup terasa seperti sesuatu yang lewat begitu saja. kau memejamkan mata dan semuanya sudah terlewat, masa kecil, ingatan-ingatan bahagia. dan rasanya seperti tiba tiba saja kau berada disini, duduk di laptop pukul tujuh malam dan menulis sesuatu disini.

hari ini di diberitakan vonis hukuman mati seorang terdakwa, meski menghukum seorang pembunuh pun, di timeline masih penuh perdebatan dan celah celah dukungan. apa sebenarnya makna nurani, apa pula arti dari nyawa seseorang yang dihilangkan. apakah kita benar benar harus mengetahui semua hal dan mendapatkan jawaban semua misteri.

kemarin di kantor dalam satu hari ada tiga aduan tentang tanah. dalam bulan kedua di 2023 ini, sudah ada tiga kali mediasi, belum lagi konsultasi mengenai permasalahan permasalahan yang muncul ke permukaan. terkadang masalahnya hanya sesimple kurangnya komunikasi dan misinformasi, kadang masalahnya mengakar sejarah hingga berbelit-belit, kadang sesederhana adanya pihak yang ingin mengambil keuntungan dan memanfaatkan celah celah yang muncul di hadapan matanya.

hari ini pergi ke kopishop bersama dua orang temanku yang sebenernya, karena dalam grup, jarang mengobrol terpisah, padahal mungkin sudah setiap hari bercakap cakap di grup, tapi masih berasa canggung untuk ngobrol secara intens. mungkin sudah sekitar sepuluh tahun berada di sekitar. hidup kadang aneh, berjalan begitu cepat kita tak begitu memperhatikan siapa siapa saja yang lalu lalang. ternyata masih ada hal hal yang terlewat dan belum benar benar dibicarakan. kita juga tidak akan pernah benar benar mengenal, orang yang kita pikir dekat dengan kita. setiap hari, terjadi sesuatu di hidup orang lain dan mungkin ada yang berubah, sedikit demi sedikit.

sendiri di usia tiga puluh dua tahun rasanya hal yang aneh, sudah tidak ada lagi hal hal yang menggebu-gebu. tapi masih bersyukur, cinta datang dari banyak hal. orang orang di sekitar, atau bahkan mengingatkan kita untuk terus berbagi kebaikan, kelembutan hati. terkadang ingin menyesal untuk tidak melakukan-atau melakukan beberapa hal. tapi rasanya seperti ada keyakinan, bahwa semua hal yang terjadi, adalah yang terbaik, dan adalah waktu yang paling tepat.

No comments:

Post a Comment