Friday, March 18, 2022

komunikasi

kadang, rasanya sulit sekali berkomunikasi. mungkin karena otakku terlalu banyak berpikir sedangkan aku tak pandai merangkai kata untuk berbicara. kadang bergegar hebat hanya karena menyampaikan sesuatu di depan orang ramai, dan kadang apa yang aku sampaikan sepatah di depan orang lain, sudah dilawan sepersekian detik di otak, mencari kelemahan dan celah dari kata kataku yang bikin bibir kelu.

kadang, melihat orang begitu piawai berbicara di depan umum membuatku iri. padahal kadang aku juga berpikir hal yang sama, hanya aku kurang pandai membicarakannya dengan baik, sebelum melakukan persiapan yang membuatku bosan duluan dan terlalu detail hingga akhirnya kadang lupa mau ngomong apa.

tapi rasanya akhir akhir ini aku mulai berbicara sedikit demi sedikit, mungkin pengaruh lingkungan juga, orang-orang di sekitarku yang mengobarkan sedikit keberanian, untuk speak up, untuk mengkritisi sesuatu. ternyata rupanya selain butuh latihan, nyali juga diperlukan, kesabaran dengan diri sendiri, untuk bersabar dan menerima kita ada kurangnya dan tidak apa apa. bahwa kadang ngomong suka belibet dan salah-salah, tapi aku ingin membiasakan diri, menikmati jadi orang yang 'baru mulai', mencoba kesempatan yang ada di depan mataku dan berusaha menggunakan kesempatan itu untuk unlock new experience, sekedar mencoba hal hal baru yang bikin deg-degan, mencoba jadi pemula lagi, mencoba hal yang im not good at.  mungkin gak bakal sampai jago banget, tapi semoga gak jadi malu-maluin. apapun itu, pada dasarnya aku melakukannya karena ternyata hal itu menyenangkan dan khususnya- melegakan.

untuk bisa berbicara dan mengungkapkan apa yang ada di dalam pikiran, untuk membawa dan menyuarakan ide yang selama ini hanya ada di pikiran, di buku yang aku baca, di catatanku, di blog yang aku tulis. aku ingin menyuarakannya dengan lantang, dengan suaraku yang kadang aneh untuk kupingku sendiri.  tapi aku ingin, aku ingin memiliki suara, setidaknya bersuara untuk diriku sendiri.

Jum'at, 18 Maret 2022

No comments:

Post a Comment