Sunday, May 21, 2023

tentang ia

cinta adalah kebodohan, hal hal yang tidak akan pernah bisa diduga dan direncanakan. kekanakan, menggelora, menghidupkan. tidak punya timeline waktu, bisa terjadi kapan saja, besok, hari ini, dengan orang yang tepat, dengan orang yang salah. perasaan yang ganjil di dalam hati, tidak semua orang perlu tau, beberapa juga dikabarkan kepada semua orang, beberapa diungkapkan dengan cara yang istimewa, beberapa diungkapkan dengan cara yang tak lazim, beberapa dilampiaskan dengan tidak masuk akal dan tak wajar, beberapa didiamkan dan dipendam bertahun tahun lamanya, kemudian akhirnya menyadari hal itu hilang dengan sendirinya, beberapa jatuh cinta di saat saat tertentu saja, setelahnya biasa saja.

ia juga bisa hilang, secepatnya. kau terbangun dan perasaan itu sudah hilang, tidak berbekas. ia juga bisa kau rencanakan, kau upayakan agar ia tidak lagi kembali dan merusak hari-hari bahagiamu ketika ia mendatangkan penderitaan yang telah terlalu lama tinggal. ia bisa membuatmu jatuh cinta dengan kewarasanmu lagi, ia bisa membuatmu menyadari untuk jatuh cinta sekali lagi dengan dirimu.

cinta tidak harus selamanya, mungkin hampir semua orang memilikinya, dengan penuh, dengan setengah, dengan sedikit, dengan penuh keraguan, dengan janji seumur hidup, dengan pengorbanan tunggang langgang, atau disimpan dengan dirinya sendiri saja.

cinta adalah rasa hangat saat ini, kini dan beberapa saat, atau bertahan dalam waktu yang panjang. perasaan kasih, yang muncul dengan variabel-variabel yang tidak terduga, indikator absurd. kadang juga ia sudah diniatkan dalam pikiran- untuk menolak- menghindari yang jelas jelas, menurut pengalaman akan mendatangkan masa depan yang buruk. hitung-hitungan. semakin berumur dan berpengalaman, cinta akan semakin pandai berhitung, tapi juga semakin kesepian. 

tapi apapun itu, aku percaya ia akan selalu datang, sendiri atau bersama kawan. dari diri sendiri, untuk diri sendiri, atau semakin banyak bila dibagikan ke semua orang, kepada kucing di jalan, atau anak bayi yang tersenyum menatapmu di taman, satu paket dengan semesta, satu paket dengan derita.

21 maret 2023

No comments:

Post a Comment