Wednesday, May 3, 2023

Welcome, May: Bilas Muka, Gosok Gigi, Evaluasi!

Udah memasuki bulan yang baru lagi, kesempatan untuk memulai dari "1", kesempatan yang buat mencoba hal hal yang baru, setelah mungkin bulan yang lalu kita mentok, ketemu jalan buntu, atau merasa gak ada progres. Saatnya punya 'feel' bahwa ada suatu harapan yang baru, pilihan yang bisa kita lakukan, perasaan kalau di depan, di hari hari ke depan masih ada harapan.

Di antara hal hal klise, memotivasi diri sendiri mungkin berguna, lewat kata kata penyemangat, buku buku pengembangan diri. Sebenarnya semua teori itu sudah sering lewat, tapi memang sebagai manusia, kita cepat lupa, kalau nggak diulang-ulang. Kayak motivasi yang harus digali setiap hari. Karena berat setiap hari tuh gak sama, kadang ada hari hari yang terasa lebih berat dari biasanya. Untuk kita kemudian jatuh habis-habisan kayak gak bisa ngeliat cahaya lagi. Kemudian hari berlalu, lalu rasanya begitu ringan seperti semua yang terjadi kemarin itu tidak ada artinya apa apa lagi. Tapi di hari itu, nilainya beda. Mungkin karena itu juga diperlukan support system yang baik, atau cara-cara standar operasional prosedur untuk menangani hari hari yang buruk. Yang diluweskan lagi dengan pengalaman-pengalaman.

Kadang, aku melihat tulisan-tulisan, atau apa aja yang sudah lewat dalam berbagai bentuk, ada rasa malu, buat speak up, buat berceloteh dan beropini. Tapi, kupikir- hal hal itulah, baik buruk, kebaikan kesalahan itulah yang membentuk kita. Hidup akan terus berjalan entah ia berjalan baik atau buruk. Semuanya datang silih berganti, kadang kita merasa yakin, kadang juga kebingungan.  

Kadang hati harus sedikit lebih lapang juga untuk menerima kekurangan, kejelekan diri sendiri- memaafkan diri sendiri, tak hanya senang dan ingin menikmati hal hal yang menyenangkan saja.  Selain itu, mau berbagi beberapa konten yang kayaknya buat aku bisa bertahan. Waktu otak lagi kurang fokus, mencari yang kurangnya saja di hidup, kemudian ngerasa low vibes. Tenangkan diri, dan diingatkan dengan konten-konten ini buat lebih survive. Seperti kata rumi, "Dont Feel Lonely, The Entire Universe is Inside You. Stop Acting So Small. You are The Universe in Ecstatic Motion. Set Your Life On Fire- Rumi".

1. Einzelganger

Isinya video-video dengan visual yang simpel, berasa lagi ngobrol sama temen, dinasehatin dengan nada lembut tentang filsafat sehari-hari yang stoic banget. Kayak lagi ngingetin kalau yuk bisa yuk lewatin, santai aja, bisa kok. Haha. 

2. Gita Wirjawan :

Kalau soal konten edukasi, pendidikan, kebangsaan- yang berat berat deh. Gak ada lawan sih Pak Gita ini, ngobrol sama orang expert di semua bidang, semua lini. Pokoknya kalo kamu udah ngerasa stuck sama apa yang dipelajarin dan ngerasa 'bisa', wajib nonton videonya biar selalu ngerasa 'hungry and foolish' deh buat explore perspektif-perspektif dan referensi-referensi sources, buku-bukunya. Bikin selalu ngerasa lebih 'produktif' dan terinspirasi buat melakukan sesuatu sesuai passion dan bidang yang lagi ditekuni biar kecipratan pemikiran-pemikiran bernasnya.


3. Dr Fahrudin Faiz

Nah, kalau mau memperdalam yang agamis, spritualism, khususnya islam- yang agak ke arah daily philosophy gitu aku sukanya dengerin Dr Fachrudin Faiz ini, sebenernya dia ada beberapa channel gitu gak tau deh yang mana yang official, biasanya udah muncul di beranda aja. Biasanya dia juga mengkaji beberapa ayat al quran dan bikin memperdalam makna-makna islam yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Gaya penyampaiannya juga nyenengin dan nenangin.


4. Tam Kaur :

Sebagai cewe cewe aestetics yang butuh referensi dan dibesarkan dengan serial gossip girls penuh rumpi dan drama, lol. Aku suka nontonin youtubenya Tam Kaur, awalnya gara-gara baca orang-orang lagi suka dengan thewizardliz, cuma keknya aku kurang cocok dengerinnya. Terus direkomendasiin ma yutub nonton ini terus suka, asik buat didengerin pagi pagi bangun tidur karena doi ini ceritanya semangat banget dan positif vibes, berasa lagi rumpi, girls talk, dan disemangatin sama temen buat memotivasi jadi girl bosss yang tetap harus chick dan High Value! 


5. Ferry Irwandi :

Terdampar karena video 'nyindir' jouska yang dibuat nya kemudian gak berapa lama dia bikin konten-konten yang related dengan isu-isu terkini, tema-tema yang beragam tapi rootnya keuangan,-politik sebagai alumni anak stan, staf kemenkeu yang kemudian berhenti jadi pns dan jadi full time content creator, menurutku isi kontennya menarik, kadang dalam juga membahas isu-isu kekinian dengan gaya bercerita dan menyampaikan informasi, serta sedikit dorongan untuk berpikir lebih kritis terhadap pemikiran-pemikiran mainstream, maupun produk-produk mainstream. Juga menawarkan beberapa pemikiran yang menarik dan berbeda yang seru buat diikutin dengan visual yang asik.

No comments:

Post a Comment