Sunday, January 28, 2018

Matrikulasi, dan hari hari pertama di Bandung


Magister STIA LAN RI ank. XVIII Bandung

Hari Jumat dan Sabtu, tanggal 26 dan 27 Januari 2018 ini, akhirnya saya menjalani matrikulasi perkuliahan.  Setelah dari Rabu Malam, sampai di Bandung, menginap di Vio Hotel Surapati, kemudian besoknya keliling melihat beberapa kost, akhirnya saya menemukan satu tempat yang cocok.  Dengan biaya 850k/perbulan, dan internet 100k/bulan tapi kalau buat satu tahun jadi didiskon deh 10.200k.  Akhirnya saya akan memulai hari hari disini, belajar tentunya. 

Matrikulasi awal adalah kuliah umum yang terdiri dari pengenalan kampus, kurikulum, dan beberapa topik yang menarik seperti 'Kepemimpinan; sebuah tantangan dan peluang bagi masa depan indonesia yang lebih baik, Kebijakan berbasis bukti untuk pembangunan bangsa dan negara yang unggul, Memahami pendekatan sistem dalam administrasi, Inovasi dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Sektor Publik, Isu-Isu Aktual Pengembangan Aparatur Sipil Negara dan Akuntabilitas dalam Pengelolaan Manajemen Sektor Publik.  Pemberian materi dari Jumat-Sabtu jam 08.00 sampai 17.45 menurut saya sangat menarik, favorit saya adalah tentang materi Inovasi dimana penyampaian dari narasumber, memberikan inspirasi untuk terus melakukan inovasi dan melakukan pendekatan-pendekatan untuk memecahkan masalah umum di pemerintahan yang biasanya dipecahkan dengan metode yang sama.

Untuk teman teman seangkatan, ternyata adalah asn yang mendapatkan ijin belajar, mayoritas dari Pemkot Bandung, Pemprov Jabar, maupun daerah sekitar seperti Purwakarta dan Cianjur. Adapun STIA LAN RI Bandung ini sendiri, termasuk Lembaga Pemerintah Non Kemetrian yang di bawah koordinasi dari LAN RI dimana di bawah koordinator Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Beberapa hari ini masih berkutat dengan hal hal sehari-hari, barang-barang di kost, menghapal jalan, karena tentunya harus bisa me-manage uang untuk tujuan utama : belajar dan lulus tepat waktu, dan tujuan sekunder : bisa explore tempat-tempat menarik di daerah Bandung dan sekitarnya. So excited! 

No comments:

Post a Comment