Sunday, September 29, 2019

bagaimana tentang hari ini

aku telah menduga duga
pada tiap kesempatan yang ada
tentang bagaimanakah wajah yang datang
mengenai bagaimana masa depan
dan caranya yang datang

apakah pada pertemuan pertemuan
yang terlalu singkat
atau basa basi percakapan
yang menghidupkan
atau memadamkan api

aku bertanya tanya
bagaimana wajah asli cinta
pada api yang membakar
atau pada salju yang beku
atau pada hari hari
ketika aku tidak melakukan apa apa
kosong, dan lewat begitu saja

pada tiap tiap yang bernyali datang
apakah aku hanya punya hak
untuk menyambutnya tiba
atau tersenyum mengantarkannya pulang
kemudian menutup pintu

pada malam dan tidur yang tak cukup
aku menanyakan diriku sekali lagi

inginkah aku akhirnya melihat
membuka sekat
dan pada akhirnya mengetahui,
bagaimanakan rupa

atau apakah yang aku cari selama ini
memang sudah tidak lagi ada
atau tidak pernah ada

hari ini aku berhenti mempertanyakan
hingga kupersilakan ia menunggu
menunggu dirinya, menunggu aku
menunggu

karena aku,
telah kehilangan apa apa
untuk tidak lagi menginginkan apa apa

ternyata selain ingin memiliki
aku akhirnya mengenal rupanya yang lain
berani melepas
berani membiarkannya bebas

entah untuk pergi yang jauh
atau untuk datang lagi kembali lain hari


bandung, 28 september 2019

No comments:

Post a Comment