Monday, April 15, 2024

kita yang menciptakan dunia, atau dunia yang menciptakan kita

percakapan percakapan yang baru terjadi setelah jam dua belas malam. teman yang baru mau open up dengan topik topik berat setelah ngobrol berjam jam, ketika tinggal berdua dan pertanyaan pertanyaan privat dan rasa penasaran muncul dan tak sabar untuk ditanyakan, rasa nyaman yang baru muncul setelah berhari hari bertemu dan tak dituntut untuk sesuatu yang dikatakan atau tak terkatakan. 

apakah kita, yang menciptakan dunia dengan ide ide di kepala, atau dunia, hal hal yang terjadi setiap hari itu, yang menciptakan kita. dunia kita yang terbentuk dari ingatan ingatan samar di masa kecil, kesalahan dan ketidaknyamanan yang pernah kita rasakan dan menjadi acuan untuk kita membuat keputusan keputusan di masa depan. sebuah latar belakang, kebetulan kebetulan yang ditemui, benang merah tak kasat mata yang menuntun kita pada kejadian kejadian yang janggal namun nyata. perasaan perasaan yang menuntun tindakan serta hal hal yang akan kita lakukan nanti. 

mimpi mimpi aneh yang datang ketika tertidur terlalu lama dari biasanya. orang orang yang dulu begitu kita kenal dalam ingatan yang jadi samar, jauh dan asing. kenangan kenangan yang pada akhirnya kita lupakan. penyesalan terdalam yang hanya samar samar muncul dalam mimpi yang tak pernah muncul di permukaan. apakah kita benar benar menjalani kehidupan tanpa sedikitpun terusik pada hal hal yang memanggil kita di kegelapan itu. sedang matahari menyongsong di depan, menantang kita menjadi yang lebih dari apa yang kita mampu. 

apakah semuanya hanya arus yang kita ikuti sedang kita tak mampu melawan alam dan semesta yang  menuntun kita pada hal hal yang kita kira adalah keputusan keputusan yang kita buat. kitakah yang mencipta? atau kitakah yang diciptakan?

87/366

No comments:

Post a Comment