Monday, June 19, 2023

hari hari baik dari yang lebih baik

pernah nggak sih, menunggu sesuatu hal yang buruk kejadian. kayak, udah punya firasat sebelumnya. ketakutan-ketakutan dari sejak pertama yang membayangi, yang awalnya muncul sedikit demi sedikit, sampe akhirnya memenjarakanmu. buat kamu setiap hari bangun dari tidur dan menantikan, kapankah yang terburuk itu akan terjadi. cukup kuatkah kau nanti menghadapinya?

lalu hari demi hari kau habiskan dengan hatimu yang patah dan bayangan tentang masa depan yang sungguh menakutkan, yang kau pikir akan jadi akhir dari semuanya. yang akan membuatmu kehilangan seluruh harapanmu. kau pikir kau tak akan bangkit lagi kali ini. kau pikir kau sudah tamat dan selesai.

kemudian hal buruk itu terjadi. sialnya, hatimu tak lagi merasakan apa-apa karena kau sudah menyicil duka nya sedikit sedikit dari kemarin. ternyata, pada saat hari itu tiba, kau sudah siap. sialnya, kau jadi ingat kalau kau pernah melewati hal serupa. dan dunia berjalan dengan baik baik saja. ternyata, sekerdil itu perasaan, kalau ia telah lewat waktunya.

kadang ingin menyalahkan perasaan yang begitu mudah tumpah, sedikit demi sedikit. firasat tak enak yang datang, kecil kecil mengiris, tapi tak pernah kau abaikan. rupanya, tubuh sudah tau dari awal, dan mempersiapkanmu untuk akhirnya hari itu tiba. tidak ada yang jatuh dan tumpah. tapi kau tau, masih tersisa sedikit sesak yang akan kau cicil nanti bersama tontonan drama korea sedih yang akan kau tonton nanti. ternyata, tak seburuk yang kau bayangkan.

hidup memang maha misterius, kita tak pernah punya kuasa apa-apa, atau jangan berani-berani berpikir dan berharap kita punya (ilusi) mengendalikannya dengan penuh. jangan melawan arus, dan jadi ikan yang mati, ikutilah arusnya. belajar mengendalikan kemana kau akan pergi, mungkin begitu, mungkin juga tidak, kita tak akan pernah benar benar tau.

mungkin beberapa waktu lagi, bakal mental breakdown terus nangis cuma gara-gara hal kecil, mungkin juga bakal ketawa-ketawa kayak orang gila cuma gara-gara liat meme yang di share teman. atau trenyuh liat bapak-bapak tua yang ngayuh sepeda. hidup semisterius itu, dan Tuhan memang Maha Membolak-balikkan hati manusia, kita bisa apa lagi selain percaya?

19/06/2023

No comments:

Post a Comment