Thursday, July 13, 2023

Mission Impossible : Dead Reckoning (Spoiler Alert)

 

 
 


*hard spoiler alert

Sebagai penggemar film action spy, franchise mission impossible tentu jadi film yang gak boleh dilewatkan, terlebih premiere nya yang udah dari beberapa taun yang lalu udah di tease dengan iconic scene motoran sambil loncat dari tebing. Setelah liat trailer, kayaknya memang ini udah franchise ke tujuh, dengan pemandangan gunung alpen, kereta api, padang pasir, sampai venice. Memang setting tempat yang memanjakan mata untuk film action- kebut kebutan dengan mobil polisi dan yang paling iconic- fiat kuning jadul yang jadi cepet, sepertinya cocok buat kebut-kebutan di blok sempit di paris. 

Buat cerita dan suspense sih menurutku, yah typical film action pada umumnya- nyari penjahat- gagal, team up- plot twist dikit, terus menang, alias bisa menyelesaikan misi dan dunia gak jadi hancur. walaupun disini agak bingung dengan plot twist terakhir di kereta maksudnya gimana, siapa yang jahat dan siapa yang baik. Namun analogi pak polisi (pemeran figuran yang tugasnya ngejar ngejar Ethan tapi gak ditangkep-tangkep juga) yang bilang kalau kamu udah punya kekuatan yang superpower kayak Entitas, apakah kamu akan mempercayakannya kepada atasanmu? apakah kamu percaya dan taking sides, atau justru bakal ngehancurinnya. 

Kupikir penjelasan dilema nya secara literal ini jadi yang bikin film ini sedikit kurang menarik, kita gak dijelasin maksud dan tujuan apa mereka rebutan kunci ini, gak dikasi tau pula kunci ini membuka apa, jadi kesannya kan kurang motivasi gitu buat urgensi rebut rebutan ini, dan deadline nya. Jadi kayak, ini pada ngapain sih, pada tau nggak sih apa endgamenya, dan sampe habis pun gak dikasi tau dengan jelas (mana kayaknya mereka ambil reference dari kasus-kasus yang lalu dan masa lalu Ethan) ya kali mana lagi kita inget alur cerita yang lalu lalu yekan. hihi.

Pengenalan karakter baru, Grace, juga lumayan menarik buat mengimbangi Ilsa Faust, Vanessa Kirby dan Paris yang berlatar belakang pencuri biasa yang dipilih secara khusus oleh Kirby buat mengantar kuncinya, walaupun kurang jelas juga motivasinya. Menurutku, karakter Paris yang justru menonjol, cewe sadis dan barbar yang akhirnya ngebantuin Ethan, tapi sayangnya mati pula. Padahal, mungkin bakal lebih seru kalau dia ikutan tim Ethan juga karena karakternya yang sadis, nyebelin dan barbar gitu, tapi tiba tiba tersentuh waktu gak dibunuh Ethan dan berbalik nolongin doi tiba tiba saat keadaan genting, extra effort banget. Lol.

Tapi overall yang menghibur dari film action selalu menerutku tentu bukan alur dan struktur cerita- tapi visual visual berantem atau adegan laga. Kupikir berantemnya sih agak kurang teatrikal, kebut-kebutan mobilnya agak nanggung gitu, kayak antara kejar-kejaran mobil kecil (fiat) dengan mobil polisi anti peluru yang superpower sampe ngancurin motor-motor yang lagi parkir. Jadi apa nih, mau adu kelincahan apa adu daya destruktif mobilnya. Jujur di awal film sempat ketiduran dikit (karena lagi kurang tidur dan adegannya kinda boring di awal), expect nya tuh kalau film model begini meskipun alurnya klise- tetap dimanjakan dengan full visual cinematography, kalau bisa dibandingkan- dengan film transformers, rise of the beat yang terakhir aku tonton. Kinda like it better dari visual. Walaupun begitu, pesona Ethan Hunt tetap nggak bisa dipungkiri sih, bakal tetap nyoba nonton Part II nya, semoga better (dan aku cukup tidur) biar gak ketiduran lagi! 😉

Rate 3/5

No comments:

Post a Comment