Wednesday, June 20, 2018

Semoga

Beberapa hal-hal yang tertinggal, yang tidak selesai, yang tidak kunjung ingin diakhiri.  Beberapa hal, yang mengganggu pikiran, hal yang tak tuntas diselesaikan, hal yang tidak terkatakan.

Semesta mengendapkan begitu banyak teka teki, yang terkadang memang belum waktunya dipecahkan, betapa logika-logika kadang tidak mampu diaplikasikan.  Misteri yang menunggu momentum, untuk dipecahkan atau tidak dipecahkan.  Untuk memberikan tanda tanya besar, apakah harus menunggu, ataukah menyerah saja.  Dan begitu sulit pula hidup diantara keduanya, diantara telah hidup, namun belum pula mati, tapi tentu kita tidak ingin menyelesaikan dengan cepat dengan sebuah penutup, tapi kita juga membutuhkan sesuatu yang melegakan, sesuatu yang menjadi pertanda, sesuatu yang bisa kita andalkan menjadi penunjuk jalan.

Bahwa pada akhirnya semuanya cuman ilusi, hanya perhentian-perhentian sementara, asumsi, karena tiada pula yang abadi dan kebenaran yang benar-benar hakiki. 

Dan tiada yang lebih indah dari perasaan tidak selesai, perasaan masih belum tuntas, masih belum tamat, masih butuh belajar, dari fase satu ke fase lainnya.  Perasaan bahwa masih banyak hal hal yang perlu dilakukan, bahwa masih banyak fase fase yang bisa dikerjakan, dengan selesai maupun tidak selesai.

Entahlah, kadang hidup menjadi begitu membingungkan, rasanya masih banyak pertanyaan pertanyaan yang belum selesai, misteri misteri yang belum terpecahkan, dan tertinggal akan banyak hal, namun bukankah dunia ini memang tidak ada batasnya.  

Semoga, tiap momen yang tercipta, kita benar-benar bisa belajar sesuatu, dan menggunakannya untuk hari hari setelahnya, sebagai pembelajaran dan tidak mengulang, hal hal yang hanya akan menyakitkan, atau semoga kita tetap kuat dan tahan mental, akan hal hal berulang ketika kita masih belum bisa mendapatkan hal hal yang kita inginkan.

Pontianak, 19 Juni 2018

No comments:

Post a Comment