Tuesday, March 19, 2024

bayangkan jika kita tidak menyerah

 7/30daydsoframadhan 

kadang yang paling rumit dalam hidup adalah ketika semuanya stagnan, stuck, boring. ketika ada masalah, pikiran dan upaya kita habiskan untuk menyelesaikan masalah- kita jadi punya tujuan. tapi ketika stagnan, zona nyaman memaksa kita untuk jadi 'aman' dengan tak melakukan hal hal yang menghabiskan resources, tak memiliki dampak yang terlalu signifikan untuk kehidupan sehari-hari. karena semuanya sudah stabil dan nyaman. disinilah, growth rasanya berhenti. 

makanya, pernah baca di suatu buku, tapi lupa buku apa yang bilang kalau ternyata rasa bosan itu juga perlu, sebagai alarm, sebagai reminder. gak akan ada keberlimpahan ide kalau gak nemu 'titik jenuh' nya. gak akan ada upaya lebih untuk 'keluar' kalau gak ada trigger atau pemicunya. bisa jadi masalah, bisa jadi rasa bosan. maka kembali lagi bagaimana kita bisa me'manage' rasa bosan itu. untuk rehat sebentar, menikmatinya, kemudian beranjak mencari hal hal yang lebih 'menantang' lagi. 

setiap hari, kita punya dorongan dan keinginan untuk melakukan sesuatu, gak cuma diam di tempat dan melakukan hal hal yang biasa kita lakukan. mungkin, hal inilah yang kadang, ketika di dalam fase nyaman, rasa bosan datang seperti udah gak ada hal hal 'aman' yang bisa dilakukan lagi. 

bayangkan jika kita tidak menyerah

mungkin kita cuma takut, takut bekerja dua kali lipat lebih keras, terpapar pada hal yang tak nyaman, meninggalkan sesuatu yang menyenangkan untuk hal yang tidak terlalu menyenangkan. mungkin kita akan terus merindukan hal hal lama yang kita syukuri, yang tak akan kembali lagi. tapi, pada akhirnya, kita tidak bisa mencegah perubahan itu terjadi. itu akan terus terjadi, sestabil dan sekomitmen apapun kondisinya.

mungkin jika kita tidak menyerah, kita bisa mencoba satu kali lagi, working on the angle. working on something. just not giving up life yet. -walaupun, ada hal hal yang memang harus kita lepaskan, kita ikhlaskan, kita lewatkan, kita cari angle baru. at least we try on something, we move, we live, or- at least we try.

77/366

No comments:

Post a Comment