Thursday, March 14, 2024

Secret of Divine Love

 “When the world goes to sleep, God is the One who is awake with you. God sees the tears you hide with smiles and He embraces the pain you think no one would understand. “Not even an atom’s weight in the heavens or the earth remains hidden from Him” (34:3).”


Secret of Divine Love adalah buku pertama yang aku baca di Ramadhan hari kedua ini. Sebenarnya ingin lebih dalam membaca, tapi kurangnya tidur, pekerjaan yang padat dan jadwal olahraga yang dipindah ke malam hari- terus sorenya udah cape dan ketiduran jadi starter puasa di hari kedua ini. Haha. Ah, entah kenapa senang banget habis olahraga, badan seger- dan yang pasti otak rasanya fresh aja, dibandingkan kalau ketiduran terlalu lama di luar jadwal. Rasanya seperti dapat ekstra tenaga setelah habis olahraga, makan- mandi, dan dengerin musik relaksasi. 

Sebelum membaca buku untuk diulas, kadang aku selalu membaca review/sinopsisnya di goodread. Karena kadang suka stuck membaca buku sedang aku bosan pada point of view atau gaya penulisannya dan jadi kurang tertarik, jadi kadang aku baca positif dan negatifnya biar bisa mengira ngira apakah aku masih bisa menolerir sisi-sisi 'negatif' dari kolom komentarnya. haha. mon maap rada judgemental.

Sebenarnya, salah satu tipe buku yang aku senangi dari kecil- entah kenapa cenderung ke buku buku pengembangan diri, yang bisa dibilang klise dan sedikit fiksi-puitis. Tapi aku bisa bertahan membacanya, berasa ada yang menyemangati. Kupikir, ini buku semacam itu, yang meromantisasi - memaknai ulang kehadiran Tuhan, dengan memaknai kutipan kutipan ayat. Semacam supporter yang bakal membisikimu dengan kata kata manis, kalau Tuhan akan mencobamu, dan menolongmu, dan menghujanimu dengan cinta kasih. Secara spiritual, kita juga harus berupaya dan mendekatkan diri kepadaNya, demi diri kita sendiri.  

Sebagai pembaca buku-buku 'agama' karya Karen Armstrong jaman kuliah dulu, tentu buku ini bukan tipe buku yang 'menggoncang' iman atau 'memperdalam' ilmu agama dan datang dengan ide yang  benar benar baru dan mencerahkan. Semacam tentang rangkaian kata kata indah yang 'menceritakan' atau 'memaknai' kembali ayat  ayat Qur'an sepenggal sepenggal dengan narasi narasi motivasi. Kutangkap buku ini berupaya 'mengenalkan' islam secara general dengan konsep cinta kasih dan lebih universal dengan rangkaian-rangkaian cerita yang terasa personal.  

Overall, I think im kinda confused of the purpose of this book. I dont know, it looks like the religious book- written by an amateur, but want to have some speech. I dont know. But I just search the author and I think its true- its kinda poetic book, but I think some parts of the book intended to advise or kinda feels like patronizing or mansplaining without good or valid arguments. But Its kinda amused me with the words and the 'quote',

2/30daysofRamadhan of 72/366

No comments:

Post a Comment